Home » » Pengertian Primer Sekunder Tersier dan Contohnya

Pengertian Primer Sekunder Tersier dan Contohnya

Pengertian Primer Sekunder Tersier dan Contohnya
Proses dalam memenuhi kebutuhan
Beberapa kebutuhan diperlukan oleh manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kebutuhan yang diperlukan oleh manusia tidaklah terbatas jumlahnya, bermacam jenisnya, tidak berhenti bahkan meningkat, cenderung berubah dan berkembang baik dari segi kuantitas dan kualitas. Bahkan, kebutuhan yang diperlukan sering timbul pada waktu yang bersamaan, tidak dapat dikalahkan (memilih diantara) dan tidak ada batas waktu berhentinya.
 
Hal ini didasari oleh beberapa faktor yang antara lain :
  • Meningkatnya populasi dan peradaban manusia; 
  • Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; 
  • Makin luas ruang lingkup berinteraksi; 
  • Meningkatnya tingkat peradaban manusia.
Dengan dipengaruhi beberapa faktor tersebut diatas, kebutuhan dalam pola hidup dan intensitas kegunaannya, kebutuhan dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu :

Kebutuhan Primer
Kebutuan primer adalah kebutuhan utama yang harus dipenuhi untuk mempertahankan hidup. Kata primer berasal dari kata primus, yang berarti pertama. Contoh kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan (makanan, pakaian, dan rumah). Tanpa makanan, pakaian, dan rumah manusia bisa mati kelaparan, kedinginan, dan kepanasan.

Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan Sekunder adalah kebutuhan kedua, diambil dari kata scundus, yang berarti kedua. Contoh kebutuhan sekunder adalah perabot rumah tangga (meja, kursi, lemari, televisi, radio), Kebutuhan pendidikan (sepatu, tas, kaos kaki, buku, pensil), dll. Manusia memenuhi kebutuhan sekunder dimaksudkan memenuhi kebutuhan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya dan saling bersosialisasi.

Kebutuhan Tersier
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga, berasal dari kata tertius yang berarti ketiga. Kebutuhan tersier disebut juga kebutuhan mewah. Kebutuhan ini biasanya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan kepuasan atau kebanggaan di mata masyarakat. Contoh kebutuhan tersier, yaitu pakaian mewah, tas mewah, mobil mewah, rumah mewah, dan kapal pesiar mewah. Yang perlu diketahui, kebutuhan sekunder dan tersier berbeda untuk setiap orang atau golongan. Namun pada perkembangannya kebutuhan tersier lebih cenderung mengikuti trend, bahkan lebih kerah yang negatif. hee..hee..

Demikian ulasan mengenai Primer, Sekunder dan Tersier dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga dapat bermanfaat bagi pengunjung Blog Mejarapuh, Terima Kasih.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Pengertian Primer Sekunder Tersier dan Contohnya, diterbitkan oleh Qindi pada hari 3/15/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

1 komentar:

  1. Anonim8/10/2017

    Mohon maaf numpang promo ya ^^
    Kami Hadir dengan Semangat dan Kebanggaan untuk selalu menjadi yang terbaik!!! ^^
    Mari Bergabunglah Bersama MandiriQQ, menawarkan Berbagai Jenis Permainan Menarik.
    1 ID untuk 7 PERMAINAN

    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!!
    - Bonus TurnOver 0.5% tiap Minggunya
    - Bonus Referral 20% Dibagikan Setiap Minggunya.
    - Minimal Deposit hanya 20 Ribu
    - Minimal Withdraw hanya 50 Ribu
    Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs MandiriQQ PIN BBM : 2BE2B4BA

    New Coming !!! Di coba ya Guys ^^
    NEW GAME ( GAME TERLARIS SAAT INI )
    FISH HUNTER ( TEMBAK IKAN ) ===> www.gg626.com
    COCK FIGHT ( SABUNG AYAM ) ===> www.s1288.net
    Games Terbaru Bandar Sakong (NEW RELEASE)

    BalasHapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini