Home » , , » Benteng Keraton Buton Yang Mengagumkan

Benteng Keraton Buton Yang Mengagumkan

Benteng Keraton Button
(Sumber : Google)

Benteng Keraton Buton dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton IV Dayanu Ikhsanuddin (1597-1631) dan diteruskan hingga masa Sultan Buton VI (1632-1645). 


Benteng Keraton Wolio merupakan peninggalan Kesultanan Buton. Luas seluruh kompleks keraton yang dikitari benteng 401.911 meter persegi dengan panjang mencapai 3 Km, tinggi 4 meter dan tebal benteng mencapai 2 Meter. Tak pelak Benteng ini tercatat dalam Guiness Book of Record pada tahun 2006 dan juga rekor MURI sebagai benteng terluas di dunia. dengan panjang mencapai 3 kilometer, tinggi 4 meter dan tebalnya 2 meter.

Benteng Keraton Buton merupakan salah satu situs peninggalan sejarah terbesar di Pulau Sulawesi. Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang yang di sebut Lawa dan 16 pos jaga atau biasa disebut bastion yang dalam bahasa setempat disebut baluara. Terdapat 4 hingga 6 meriam yang ditempatkan pada gerbang dan bastion. Jumlah meriam seluruhnya 52 buah.

Sejarah
Ketika itu, Sultan ke IV Kesultanan Buton Dayanu Ikhsanuddin (1597-1631) murka melihat banyaknya bajak laut yang singgah dan menyerang rakyatnya. Untuk menghalau serangan bajak laut itu, Sultan memerintahkan prajuritnya membangun 16 bastion di sekeliling bukit Wolio. Sultan mendasarkan pembangunan 16 bastion tersebut pada proses kelahiran manusia. Angka 16 dianggap angka kehidupan (nutfah). Sebab pada umur 160 hari, janin di kandungan seorang ibu akan ditiupkan roh tanda kehidupan oleh Allah SWT.

Bangunan-bangunan itu diharapkan menjadi pertahanan yang dapat memberikan jaminan kehidupan bagi seluruh rakyat Kesultanan Buton pada masa itu. Pergantian kepemimpinan Sultan Dayanu Ikhsanuddin yang kemudian digantikan oleh Sultan Abdul Wahab (1631-1632) tidak memberikan perubahan terhadap bentuk bangunan pertahanan tersebut.

Ketika Sultan Gafarul Wadudu (Sultan ke-VI) berkuasa pada tahun 1632-1645, barulah terjadi perubahan besar-besaran. Sultan Gafarul memerintahkan ribuan prajurit dan seluruh rakyatnya membangun benteng besar di puncak bukit Wolio dengan menghubung-hubungkan bangunan baluara (bastion) itu dalam satu rangkaian. Sultan Gafarul Wadudu memerintahkan Perdana Menterinya Maa Waponda menjadi arsitek pembangunan benteng tersebut agar bangunan benteng sesuai dengan keinginannya.

Perdana Menteri Maa Waponda lalu membuat rancangan denah bangunan benteng berdasarkan bentuk salah satu huruf dalam aksara Arab yakni “Dhal" atas dasar huruf terakhir pada nama Nabi Muhammad SAW. Kondisi alam juga menjadi alasan Maa Waponda membuat rancangan denah seperti itu. Secara kebetulan, salah satu sudut tepat di atas sebuah tebing yang sangat curam sehingga tidak dapat dipertemukan antar sudut benteng. Bukit Wolio memang berlokasi di sebuah kawasan berbatu cadas.

Karena sejak awal pembangunan Benteng Keraton Buton didasarkan pada proses kehidupan manusia, Sultan Gafarul Wadudu kemudian memerintahkan pembangunan 12 buah pintu gerbang di sekeliling benteng. Angka 12 mengacu pada adanya 12 buah pintu (lubang) di tubuh manusia sebagai ciptaan Tuhan. Bahan baku utama yang digunakan adalah batu-batu gunung yang disusun rapi dengan kapur dan rumput laut (agar-agar) sebagai bahan perekatnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sandang pangan masyarakat di dalam kompleks benteng, Sultan Gafurul Wadudu juga membuat pasar. Begitu besar dan luasnya bangunan Benteng Keraton Buton itu, memerlukan waktu 13 tahun bagi Sultan Gafarul Wadudu untuk menyelesaikannya. Selama proses pembangunannya, seluruh lelaki yang ada di wilayah Kesultanan Buton diwajibkan terlibat secara penuh.

Demikian sejarah singkat Benteng Keraton Buton, semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung Blog Mejarapuh. Terima Kasih.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Benteng Keraton Buton Yang Mengagumkan, diterbitkan oleh Qindi pada hari 8/27/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

2 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan pesugihan putih dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di O823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
    ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^

    BalasHapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini