Home » , , » Perkembangan Pendidikan Masa Kolonial

Perkembangan Pendidikan Masa Kolonial

Gambar Ilustrasi
(Sumber : Google)
Pada awal abad ke-20, Belanda menerapkan Politis etis atas usul dari Van Deventer. Salah satu program dari politik Etis tersebut adalah pendidikan. Belanda mulai memperluas pendirian sekolah-sekolah dari jenjang Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Sekolah tersebut dibedakan sesuai golongan dan status sosial dalam masyarakat, antara orang Belanda, keturunan Cina, arab, pribumi, bangsawan dan sebagainya. Adapun sekolah-sekolah yang didirikan Belanda antara lain :

Pendidikan rendah setingkat SD
Sekolah rendah setingkat SD terdiri atas :

1.    Sekolah rendah dengan bahasa pengantar bahasa Belanda

Europesbe Lagere School (ELS)
Europesbe Lagere School (Sekolah Rendah Eropa), yakni sekolah yang diperuntukkan untuk para keturunan Eropa, keturunan Timur Asing dan pribumi dari tokoh terkemuka. ELS yang pertama berdiri Tahun 1817 dengan lama pendidikan 7 tahun.

Hollandsch-Chineeshe School (HCS)
Hollandsch-Chineeshe School (Sekolah Kelas Satu), yakni sekolah yang diperuntukkan untuk para keturunan Cina. HCS yang pertama didirikan tahun 1908 dengna lama pendidikan 7 tahun.

Hollandsch Inlandshe School (HIS)
Hollandsch Inlandshe School Sekolah Bumiputra-Belanda) yakni sekolah untuk pribumi keturunan bangsawan. HIS berdiri tahun 1914, lama pendidikan tujuh tahun.

2.    Sekolah dasar dengan bahasa pengantar bahasa daerah
       Jenis sekolah ini antara lain :
a)   Twede Klasse School (Sekolah Kelas Dua), didirikan tahun 1892 yang diperuntukkan untuk golongan pribumi dengan lama pendidikan 5 tahun;
b) Volksschool (Sekolah Desa), didirikan tahun 1907, yang diperuntukkan untuk anak-anak pribumi dengan lama pendidikan 3 tahun;
c) Vervolgschool (Sekolah Sambungan), sekolah yang awal berdiri tahun 1914 yang merupakan lanjutan dari sekolah desa dengan lama pendidikan 2 tahun;
d)   Schakelschool (Sekolah Peralihan), adalah sekolah peralihan dari sekolah desa ke Sekolah Dasar dengan bahasa pengantar bahasa Belanda dengan masa pendidikan 5 tahun.

Pendidikan Menengah Setingkat SMP dan SMA
Jenis Pendidikan Menengah antara lain sebagai berikut :

a)    Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO)
Sekolah ini setingkat SMP, dengan bahasa pengantar bahasa Belanda. Sekolah ini diperuntukkan golongan pribumi dan Timur Asing. Berdiri Tahun 1914 dengan lama pendidikan 3-4 tahun;
b)    Hoogere Burger School (HBS)
Sekolah ini setingkat SMA yang menggunakan bahasa pengantar Bahasa Belanda dengan lama pendidikan 3 tahun serta pendidikan berorientasi Barat, untuk anak orang-orang Belanda;
c)    Algemene Middelbare School (AMS)
Sekolah ini setingkat SMA yang didirikan tahun 1915, dengan lama pendidikan 3-4 tahun dan diperuntukkan bagi golongan pribumi dan Timur Asing;
d)    Opleiding School Voor indische Ambenaren (OSCIA)
Sekolah Pendidikan Pegawai Pribumi. Sekolah ini didirikan tahun 1900 dengan lama pendidikan 5 tahun.

Pendidikan menengah kejuruan setingkat SMP/SMK
Pendidikan menengah kejuruan didirikan dengna tujuan memberikan pendidikan pertukangan, teknik, dagang dan pertanian. Jenis-jenis sekolah kejuruan pada masa kolonial dibedakan menjadi 2, yaitu sekolah kejuruan yang setingkat SMP dan Sekolah kejuruan yang setingkat SMA.

1)    Sekolah Kejuruan Setingkat SMP
a.   Ambachts Leergang
     Sekolah pertukangan yang memberikan keterampilan dan pengetahuan pertukangan kayu dan besi;
b.   Ambachtschool
     Sekolah pertukangan dengna lama pendidikan 3 tahun dengan tujuan menghasilkan keahlian bidang montir, listrik, kayu dan lain-lain.

2)    Sekolah Kejuruan Setingkat SMA
a.   Technisch onderwijs (Pendidikan Teknik)
     Sekolah ini didirikan tahun 1906 dengan lama pendidikan 3 tahun;Landbouw;
b.   Landbouw Onderwijs (Pendidikan Pertanian)
     Sekolah tersebut didirikan tahun 1903 dengan lama pendidikan 3-4 tahun;
c.   Handels Onderwijs (Pendidikan Dagang)
     Sekolah ini berdiri tahun 1914 dengan lama pendidikan 3 tahun;
d.   Kweekschool (Sekolah Keguruan)
     Sekolah ini didirikan sejak 1851 yang akhirnya diperluas lagi pada awal abad ke-20.

Pendidikan Tinggi
1)    School Tot Opleiding Van Inlandse Artsen (Stovia)
Sekolah ini untuk mendidik dokter pribumi, didirikan di Jakarta pada Tahun 1902 dengan lama pendidikan 7 tahun;
2)    Rechkundige Hooge School (RHS)
Sekolah ini merupakan Sekolah TInggi Hukum yang didirikan Tahun 1924 dengan lama pendidikan 5 tahun;
3)    Technische Hooge School (THS)
Sekolah TInggi Teknik yang didirikan di Bandung Tahun 1920 dan sekarang dikebal dengan nama ITB;
4)    Sekolah Tinggi Pertanian (IPB) di Bogor

Pendirian sekolah-sekolah yang dilakukan Belanda pada umumnya untuk kepentingan Belanda sendiri dan kesempatan untuk memperoleh pendidikan seluas-luasnya hanya dibseikan kepada keturunan Belanda dan keturunan bangsawan. Rakyat biasa hanya cukup mengenyam Pendidikan Dasar saja. Meskipun demikian, dengan berdirinya sekolah-sekolah tersebut terdapat juga keturunan bagi bangsa Indonesia karena diantara keturunan bangsawan ada yang mempelopori munculnya pergerakan nasional.

Ciri-ciri pendidikan yang diselenggarakan Pemerintah Belanda adalah sebagai berikut :
  1. Kurikulumnya disesuaikan dengan kurikulum Barat sehingga corak pendidikan menganut sistem barat;
  2. Pendidikan diselenggarakan secara bertahap dan berangsur-angsur bagi penduduk pribumi;
  3. Pendirian sekolah dibedakan menurut ras dan status dalam masyarakat sehingga mempertajam adanya diskriminasi;
  4. Pendidikan untuk mendapatkan tenaga kerja yang terampil dan murah.
Demikian ulasan singkat Perkembangan Pendidikan Masa Kolonial kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung Blog Mejarapuh. Terima Kasih.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Perkembangan Pendidikan Masa Kolonial, diterbitkan oleh Qindi pada hari 8/27/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

2 komentar:

  1. Perkenalkan nama saya zull fikar. Dan saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH JONOSEUH atas bantuannya selama ini dan saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sukses dan ini semua berkat bantuan MBAH JONOSEUH,selama ini, saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang2 dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya usaha Restoran sendiri,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH JONOSEUH atas bantuan pesugihan putih dan dana ghaibnya, dan saya yang dulunya pakum karna masalah faktor ekonomi dan kini kami sekeluarga sudah sangat serba berkecukupan dan tidak pernah lagi hutang sana sini,,bagi anda yang punya masalah keuangan jadi jangan ragu-ragu untuk menghubungi MBAH JONOSEUH karna beliau akan membantu semua masalah anda dan baru kali ini juga saya mendaptkan para normal yang sangat hebat dan benar-benar terbukti nyata,ini bukan hanya sekedar cerita atau rekayasa tapi inilah kisah nyata yang benar-benar nyata dari saya dan bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH JONOSEUH di O823 4444 5588 dan ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang ke 2 kalinya terimah kasih..

    BalasHapus
  2. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    di f@ns*p0ker || add pin bb 55F97BD0

    BalasHapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini