Home » , » Pengertian Akuntasi

Pengertian Akuntasi

(Sumber Google)

Akuntasi sering disebut Bahasa Dunia Usaha (Business Language) karena akuntasi merupakan alat komunikasi idalam menginformasikan peristiwa ekonomi kepada yang memerlukan. Dengan melalui laporan akuntasi perusahaan dapat menyampaikan pesan kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui posisi keuangan, tingkat keuntungan dan perspektif perusahaan yang berguna untuk membantu pengambilan keputusan.

American Institute of Certified Accountant (AICPA) mengemukakan bahwa akuntansi adalah seni pencatatan, pengelompokan, dan pengikhtisaran menurut cara yang bersifat keuangan, kemudian ditafsirkan hasilnya. Seni ditafsirkan dari segi fisik dan kebijaksanaan.

American Accounting Association (AAA) juga merumuskan bahwa akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi dalam sebuah perusahaan sehingga dimungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan bagi mereka yang menggunakan informasi.

Rumusan AAA mengandung pengertian sebagai berikut:
  • Kegiatan (Activity) akuntasi merupakan proses yang terdiri atas identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi;
  • Kegunaan (Function) informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna bagi pemakai dalam penilaian dan pengambilan keputusan perusahaan.

Tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan informasi akuntansi. Salah satu yang penting adalah laporan keuangan yang terdiri atas neraca, laporan laba/rugi, laporan perubahan posisi keuangan dan laporan perubahan modal. Informasi itu penting bagi pihak dalam perusahaan (intern) ataupun pihak luar (ekstern) dalam rangka pertanggungjawaban dan pengambilan keputusan.

Oleh karena itu, perlu diciptakan suatu metode untuk mencatat, menggolongkan, mengikhtisarkan dan melaporkan informasi ekonomi perusahaan. Secara ringkas, proses akuntansi adalah sebagai berikut.

 Sistem Akuntasi


Dalam kegiatan mengidentifikasi dan mengukur dilakukan pembuatan identitas peristiwa ekonomi (transaksi dan kejadian) yang diukur atau ditanyakan dengan uang. Suatu peristiwa yang tidak bersifat ekonomi atau tidak dapat diukur dengan uang (surat-menyurat dan pengangkatan pegawai) tidak diproses dalam akuntansi.

Kegiatan proses data akuntansi mencakup pencatatan data secara kronologis dengan cara-cara tertentu, penggolongan tertentu dan pengikhtisaran data yang telah digolong-golongkan itu menjadi suatu bentuk informasi atau laporan yang diinginkan para pemakai.
Kegiatan laporan dan mengkonsumsikan mencakup penyusunan laporan keuangan dan penganalisasian untuk membantu mengambil keputusan, misalnya analisis profitabilitas, likuiditas, solvabilitas dan prospek masa mendatang.

Demikian ulasan singkat mengenai Pengertian Akuntasi, semoga dapat bermanfaat bagi para pengunjung Blog Mejarapuh.

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Pengertian Akuntasi, diterbitkan oleh Qindi pada hari 2/09/2018. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan masukkan komentar Anda di sini