Home » , , » Sejarah Singkat PT. POS Indonesia (Persero)

Sejarah Singkat PT. POS Indonesia (Persero)

PT. POS Indonesia sebagai Perusahaan Negara (Persero)
PT. POS INDONESIA
Surat merupakan alat (sarana) komunikasi tertulis yang dikirim dari pihak satu ke pihak yang lain. Biasanya surat berisikan bahan informasi berupa berita, laporan, pemberitahuan, perintah, pesanan undangan, permohonan dan keputusan.

Kegiatan surat-menyurat di Indonesia telah dimulai pada masa kerajaan meskipun masih dalam bentuk sederhana seperti simbol-simbol pada tulisan. Barulah surat-menyurat modern berkembang ketika kedatangan bangsa Eropa ke Indonesia pada abad 17-18. Kegiatan surat-menyurat semakin berkembang setelah adanya jalan raya pos (De Grote Postweg) dari Anyer hingga Panarukan sepanjang 1.000 km pada tahun 1809 atas perintah Gubernur Jendral Herman William Deandels. Hal tersebut mempersingkat jarak tempuh dari Jawa Barat ke Jawa Timur yang sebelumnya membutuhkan waktu 40 hari menjadi 6 hari.

Pos Indonesia pertama kali didirikan pada tanggal 26 Agustus 1746 di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jendral G.W Baron Van Imhoff. Tujuannya adalah untuk lebih menjaga keamanan surat-surat  para penduduk, bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor yang berada di wilayah luar jawa dan terutama bagi para bangsawan yang datang dan pergi ke Negara Belanda.

Empat Tahun berlangsung, untuk mengadakan perhubungan yang teratur guna mempercepat pengiriman surat maka dibuatlah kantor pos yang berada di Semarang. Jalur pengiriman surat saat itu melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

Pos Indonesia beberapa kali mengalami perubahan status, dimulai dengan Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone) yang dipimpin oleh Kepala Jawatan (tidak bersifat komersil dan dimaksudkan untuk mengadakan pelayanan publik) hingga menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Tahun 1965 kemudian berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada Tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak saat itu ditegaskan menjadi Badan Usaha Tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk dalam maupun luar negeri. Selama 17 Tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT. Pos Indonesia (persero).

Demikian sejarah singkat PT. Pos Indonesia, semoga dapat menambah pengetahuan kita khususnya para pengunjung Blog Mejarapuh.

Terima Kasih. 

Share this:

Daftar di sini dengan alamat email Anda untuk menerima update dari Forum ini di inbox Anda.

Author : Qindi Terima kasih telah berkunjung

Artikel Sejarah Singkat PT. POS Indonesia (Persero), diterbitkan oleh Qindi pada hari 3/31/2016. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Qindi adalah seorang yang suka akan hal-hal baru. Silakan share sekiranya bermanfaat buat Sobat. Salam.

1 komentar:

  1. bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
    daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
    F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
    ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^

    BalasHapus

Silakan masukkan komentar Anda di sini